Tenaga Ahli Jerman Akan Latih Guru dan Siswa

'

INTANONLINE - Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan tengah menginventarisasi bidang-bidang apa saja yang dibutuhkan oleh sekolah terkait rencana pemerintah mendatangkan para pengajar profesional dari Jerman ke Indonesia. Ia mengatakan para tenaga ahli dari Jerman sudah siap mentrasfer ilmu pengetahuan bagi siswa dan guru.

"Kami beresin dulu sekarang, mungkin tahun depan baru kami jalankan," kata Anies kepada Tempo di rumah dinas Widya Chandra, Jakarta, Ahad 10 Juli 2016.

Anies mengatakan pihak Senior Experten Service (SES), organisasi pensiunan profesional Jerman, siap mengirimkan ratusan tenaga ahlinya untuk mengajar di Indonesia. Mereka rencananya akan masuk ke sekolah-sekolah termasuk SMK di berbagai bidang keahlian. Ia mengklaim para profesional Jerman sudah ahli di berbagai bidang keilmuan.

Selain mengkaji bidang-bidang yang dibutuhkan, pemerintah juga akan menyeleksi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang nanti akan diampu oleh para tenaga profesional Jerman. Anies mengatakan seleksi masih membutuhkan waktu untuk menentukan kesiapan mereka menerima pangajar dari Jerman.

Menurut Anies, keuntungan yang diterima Indonesia adalah transfer pengetahuan dari para tenaga ahli Jerman. Ia menilai industri akan mengalami perubahan bahkan dalam waktu sepuluh tahun ke depan. Dengan adanya program mendatangkan para pengajar dari Jerman, ia berharap khususnya bagi siswa mampu menjadi pembelajar.

Anies ingin proses penyiapan pembelajar bagi anak-anak nantinya membuat mereka trampil untuk terus belajar. Pihaknya berkomitmen melatih generasi ke depan menjadi pembelajar. "Mereka tahu bagaimana caranya belajar sambil bekerja, harapannya di situ," kata dia.

Anies mengatakan program ini baru pertama kali akan dijalankan di Indonesia. Ia menilai para pengajar dari Jerman akan mengambil manfaat berupa investasi hubungan yang semakin baik di masa mendatang. Ia pun ingin agar program ini bisa berlanjut di tahun berikutnya.

IntanOnline