THR untuk Pegawai Negeri Cair Mulai Besok

'

INTANONLINE - Jakarta - Kementerian Keuangan akan mencairkan gaji ke-13 dan ke-14 yang merupakan tunjangan hari raya (THR) untuk pegawai negeri, anggota TNI, dan Polri mulai besok pagi. Pencairan dilakukan secara bertahap hingga pertengahan bulan depan.

"Intinya mulai besok, Kamis, sudah dapat dibayarkan secara bertahap gaji ke-13 dan THR," kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di sela acara buka puasa dengan wartawan di kantornya, Jakarta, Rabu, 22 Juni 2016. Ia menjelaskan bahwa pemberian gaji ke-13 dan THR tahun ini dilakukan berdasarkan empat Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Keuangan. Dibanding tahun sebelumnya, baru kali ini pemerintah memberikan THR kepada aparatur negara. "Dulu cuma ada gaji ke-13," kata Bambang.

Komponen THR meliputi gaji pokok, ditambah tunjangan keluarga dan tunjangan umum. "Tunjangan kinerja tidak dihitung," ujarnya. Tunjangan kinerja ke-13 akan masuk ke hitungan gaji pokok ke-13 yang dibayarkan hingga 11 Juli 2016. Semula, pemerintah ingin mencairkan gaji tambahan ini menjelang tahun ajaran baru pendidikan pada bulan depan. Kebijakan berubah lantaran mempertimbangkan hari raya Idul Fitri. "Karena ada keperluan meningkatkan daya beli masyarakat bulan ini," kata dia.

Selanjutnya, pemerintah berjanji akan menaikkan besaran gaji pokok pegawai negeri setiap tahun, namun tak ada kenaikan untuk tunjangan kinerja. "Karena gaji pokok pengaruhnya ke besaran pensiun."

IntanOnline