Mendikbud: Pendidikan Harus Ditunaikan

'

INTANONLINE - JAKARTA -- Pemerintah memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan dengan baik. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, pendidikan harus ditunaikan di manapun berada.

Sejak otonomi daerah berlaku pada 2001, daerah pun mengemban tugas dalam pendidikan. "Pendidikan pun menjadi kewajiban daerah termasuk pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM)" kata Anies dalam sambutan peluncuran film series web MURID5, Rabu (1/6).

Sementara pusat bertugas agar memastikan pendidikan berjalan baik dari Aceh sampai Papua termasuk di daerah pegunungan maupun pesisir. Hal ini mengindikasikan, anak memang harus mendapatkan hak pendidikan terutama mendapatkan SPM yang sama satu sama lain.

Anies juga mengapresiasi pemerintah daerah yang serius mau menuntaskan tugasnya. Daerah-daerah tersebut tentu bisa jadi contoh terlebih lagi yang SPM-nya terpenuhi. "Kalau ada kemauan untuk memenuhi SPM pasti akan jalan," ujar dia.

Anies menilai perbaikan SPM jelas berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Jika kualitas pendidikan baik, dia yakin kualitas manusia pun akan berubah lebih baik lagi.

Pada kesempatan sama, Anies juga menyinggung ihwal peluncuran film series web MURID5. Film ini menggambarkan permasalahan pendidikan yang perlu dibenahi bersama secara sinergi. "Kalau serius dan sinergi, masalah akan dapat diselesaikan," terang dia.

IntanOnline